JARI (Jejaring Alumni dan Returning Experts Indonesia) merupakan organisasi yang berbadan hukum yayasan dengan melaksanakan 5 program unggulan, yakni: politik dan hubungan antarlembaga, pengembangan program, pendidikan dan pengembangan SDM, sosial dan budaya, serta pengembangan organisasi. Untuk kegiatan JARI bergerak di bidang akademik, bisnis, sosial politik serta inovasi praktis dan memiliki 4 (empat) wilayah kerja, yakni:

  1. Sumatera
  2. Banten, Jawa Barat, dan Jabodetabek
  3. Jawa Tengah dan Yogyakarta
  4. Jawa Timur dan Bali

Hal ini dilakukan untuk memudahkan koordinasi serta mendekatkan yayasan dengan penerima manfaat (beneficiaries). Untuk setiap wilayah akan dinahkodai oleh ketua wilayah.

Fungsi dan tugas ketua wilayah adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi representasi: Setiap ketua wilayah akan mewakili JARI di wilayah kerjanya.
  1. Fungsi koordinasi: Setiap ketua wilayah melakukan pertemuan, diskusi, dan negosiasi terkait program dan kegiatan JARI di wilayah kerjanya.
  1. Fungsi monitoring dan evaluasi: Setiap ketua wilayah melakukan pengumpulan data, pengawasan, dan memberikan rekomendasi/saran kepada pengurus JARI terkait program dan kegiatan yang akan dan sudah dilakukan.
  1. Fungsi administrasi: Setiap ketua wilayah bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang menggunakan anggaran biaya JARI serta mendata anggota, menjaga aset dan kepentingan JARI di wilayah kerjanya.

Semua program dan kegiatan di wilayah yang dilakukan atas nama Yayasan JARI harus dilaksanakan atas dasar persetujuan pengurus JARI.