Dengan semangat membangun Indonesia yang adil dan merata, JARI berkontribusi aktif dalam pembangunan lingkungan, sumber daya manusia, dan sosial budaya. Maka dari itu, JARI menetapkan diri bukan sebagai organisasi yang berkaitan dengan partai politik, namun tidak melarang anggotanya untuk berpolitik secara kepartaian ataupun secara praktis. Dengan kata lain, pilihan dan pandangan politik anggota JARI bukan merupakan pilihan dan pandangan politik Yayasan JARI.

Demi peranannya untuk pembangunan di bidang akademik, bisnis, sosial politik dan inovasi, JARI bersinergi dengan lembaga-lembaga politik dan pemerintahan serta organisasi masyarakat lainnya yang dibentuk dalam MoU dan kerjasama.

Terkait Momerandum of Understanding (MoU), JARI membangun komunikasi dan kerja aktif dengan DPR RI, Kementerian dan Lembaga (K/L), lembaga pemerintah di tingkat pusat, serta organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, dan keagamaan. Sedangkan perjanjian kerja sama dilakukan di tingkat pemerintah provinsi dan kabupaten/kotamadya, universitas dan sekolah, perusahaan nasional dan lokal, dan yayasan-yayasan atau lembaga swadaya masyarakat lainnya.